VIRUS CACAR MONYET SUDAH CAPAI SINGAPURA




Newdaily.news - Dilansir dari berita @detik.com bahwa Pihak berwenang Singapura telah mengonfirmasi kasus monkeypox atau cacar monyet pertama di negara itu, yang didapati pada seorang warga Nigeria yang tiba di Singapura 28 April lalu. Pria 38 tahun itu dinyatakan positif terjangkit virus cacar monyet pada 8 Mei.

Sehari setelah kedatangannya di Singapura, pria tersebut menghadiri lokakarya dua hari. Pada 30 April, ia menderita demam, nyeri otot, ruam kulit dan menggigil. Dia menghabiskan sebagian besar waktunya satu minggu kemudian di kamar hotelnya, hingga akhirnya pada tanggal 7 Mei harus dibawa dengan ambulans ke RS Tan Tock Seng.

Pria itu mengatakan bahwa sebelum kedatangannya di Singapura, ia menghadiri sebuah pernikahan di Nigeria, di mana ia mungkin mengonsumsi daging hewan liar, yang bisa menjadi sumber penularan virus cacar monyet.

Mungkin banyak warga di indonesia yang masih asing dengan virus cacar monyet, disini saya akan menjelaskan apa sih virus "Cacar Monyet" dan apa sih penyebabnya?

APA SIH VIRUS CACAR MONYET?

Cacar monyet adalah sebuah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus cacar monyet yang dapat timbul pada hewan tertentu seperti monyet, tikus Gambia dan tupai. Gejalanya dimulai dengan demam, sakit kepala, nyari otot, pembengkakan kelenjar getah bening dan rasa lelah.

Cacar monyet paling sering ditemukan di daerah Afrika Tengah dan Afrika Barat.

APA SIH GEJALA PADA PENDERITA?


  • Demam
  • Sakit kepala
  • Tubuh terasa lemas
  • Sakit pada otot dan persendian
  • Ruam kulit
BAGAIMANA CARA MENGOBATINYA?

Menurut pernyataan dari Dirjen P2P Kemenkes RI, cacar monyet biasanya merupakan penyakit yang dapat sembuh sendiri dengan gejala yang berlangsung selama 14 – 21 hari. Kasus yang parah lebih sering terjadi pada anak-anak dan tergantung pada tingkat paparan virus, status kesehatan pasien dan tingkat keparahan komplikasi.

Kasus kematian bervariasi tetapi kurang dari 10 persen kasus yang dilaporkan. Penderita penyakit ini sebagian besar di antaranya adalah anak-anak.

Tidak ada pengobatan khusus atau vaksinasi yang tersedia untuk infeksi virus monkeypox. Pengobatan simptomatik (pengobatan untuk meredakan gejala dari penyakit) dan suportif dapat diberikan untuk meringankan keluhan yang muncul.

APAKAH SUDAH MENYEBAR DI INDONESIA?

Hingga saat ini belum ditemukan kasus cacar monyet di Indonesia. Tapi walaupun belum terjadi kasus tersebut alangkah baiknya mengenali gejalanya terlebih dahulu,supaya mendapatkan penanganan yang terbaik.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Comments


EmoticonEmoticon